Friday, November 17, 2006

Wapres Hadiri Haul Syeikh Nawawi

Ribuan warga yang memadati lokasi acara haul Syeikh Nawawi AlBantani yang ke 113 tampak terlihat di sepanjang jalan menuju ke panggung utama. Tampak pula ratusan aparat keamanan berjaga-jaga di pinggir jalan, bahkan pengamanan sudah terlihat sejak dari pintu tol Serang Timur. Keramaian itu menimbulkan kemacetan di sekitar lokasi. Kemacetan bertambah dengan banyaknya para pedagang yang mengais rezeki dengan memanfaatkan momen yang diadakan setahun sekali itu.


KARNOTO-TANARA

Warga yang berkunjung ke tanah kelahiran ulama terkemuka, Syeik Nawawi AlBantani ini bukan saja ingin memperingati acara haul, namun juga ingin melihat secara langsung Wapres Jusuf Kalla. Pada haul kali ini, Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla berkenan menghadiri acara tersebut untuk memberikan sambutan. Menjelang sore warga semakin bertambah, namun tidak membuat warga mengurungkan niatnya untuk menghadiri acara haul hingga selesai.
Setelah berjam –jam menunggu, tepat pukul 18.10 WIB Wapres Jusuf Kalla beserta rombongan tiba di halaman depan Yayasan An-Nawawi. Lokasi inilah yang dijadikan acara haul. Wapres yang mengenakan kemeja putih dengan peci hitam didampingin oleh istrinya langsung mendapatkan keamanan ketak. Turut hadir pula mendampingi beberapa pejabat penting, diantaranya, Menteri Agama M. Basuni, Wakil Ketua MPR RI, Plt. Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah,Kapolda Banten, Bupati Serang, Taufik Nuriman, Bupati Pandegalang, Dimyati Natakusumah. Selain itu hadir pula dari Ma’ruf Amin, pewakilan MUI Pusat sekaligus Ketua Pelaksana haul.
Sebelum menaiki panggung utama Wapres beserta rombongan terlebih dahulu makan malam di rumah salah seorang keturunan Syeikh Nawawi. Sayangnya wartawan tidak bisa mengambil photo ketika Wapres sedang dijamu karena tidak diperkenankan oleh Paspampres. “Stop, jangan lebih dari pintu ini pa,”kata salah seorang Paspampres kepada wartawan. Sekitar 19.00 WIB Wapres mulai berjalan untuk naik ke atas panggung utama setelah ia menunaikan shalat Maghrib berjamaah.
Setelah Wapres dan rombongan sudah duduka dikursi yang telah disiapkan sejak dari pagi, acara pun dimulai. Acara dimulai dengan sambutan Ketua Pelaksana Haul Syeikh Nawawi AlBantani, Ma’ruf Amin. Dalam sambutannya, Ma’ruf hanya menyampaikan dua hal yang selama ini menjadi impiannya. Impian tersebut adalah, pertama, ingin menjadikan Tanara ini menjadi tempat yang mencetak para ulama, dan kedua Ia ingin menjadikan tempat tersebut sebagai tempat berhimpunnya para ulama. “Kalau toh tidak sehebat Syeikh Nawawi, tapi paling tidak kita bisa mendekat kehebatan Syeikh Nawawi,”ujar Ma’ruf, ketua pelaksan sekaligus pengurus MUI Pusat. Ulama berkacamat ini, juga mengatakan, Syeikh Nawawi telah melahirkan ulama dan tokoh agama besar, khususnya di Indonesia. Salah satu muridnya adalah, KH. Hasyim Asy’ari, pendiri NU dan Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang Jawa Timur.
Sementara itu Plt.Gubernur, Ratu Atut Chosiyah dalam sambutannnya hanya mengatakan ucapan terima kasih kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla yang telah hadir pada acara haul. “Kami atas nama Plt.Gubernur Banten dan masyarakat Banten bersyukur karena Wapres telah datang ke tempat kami,”kata Atut, yang mengenakan pakaian dinasnya.
Sedangkan Wakil Presiden jusuf Kallah hanya memberikan sambutan selama 15 menit. Dengan mengenakan Kemeja putih dan celana hitam, ia pun mulai mendekat podium untuk memberikan sambutan. Seketika itu juga hadirin langsung berdiri untuk melihat lebih jelas wajah orang nomor dua di Rebuplik ini. Namun sayangnya hadirin terpaksa tertahan dengan pagar betis yang telah dibuat oleh protokoler. Dalam sambutannya yang singkat itu, Kalla hanya menegaskan kepada para hadirin yang hadir, agar haul ini hendaknya dijadikan sebagai spirit baru bagi masyarakat agar terus belajar dengan sungguh-sungguh serta kerjakeras supaya tempat ini mampu melahirkan Syeikh-syeikh yang baru. “Jika ada ulama yang mengajar di Indonesia itu biasa, namun jika ada ulama yang menjadi guru di Mekkah itu baru luar biasa,”kata Kalla dengan suara lantangnya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home